Ciri-ciri penyakit jantung :: Penyakit jantung merupakan salah satu penyakit yang cukup memjadi momok menakutkan bagi sebagian besar orang. Penyakit ini bila tidak ditangani secara baik dan benar dapat mengakibatkan kematian. Tingkat kematian karena penyakit jantung masih menempati posisi yang cukup tinggi, Penyakit inipun dapat menyerang setiap orang kapan saja tanpa membeda-bedakan tingkatan usia, baik tua dan muda kemungkinan terserang bisa saja terjadi.

Untuk mencegah hal-hal yang tidak kita inginkan, ada baiknnya kita bisa mendeteksi sejak dini apakah jantung kita terserang penyakit atau tidak. Terdapat beberapa ciri-ciri jantung terserang penyakit.

Ciri-ciri penyakit jantung

1.Nyeri terutama pada bagian dada.
Keadaan ini terjadi bila bagian otot tidak cukup dalam mendapatkan darah, hal ini mengakibatkan oksigen dalam keadaan tidak memadai serta hasil metabolisme tubuh berlebihan sehingga menyebabkan kram/ kejang. Rasa nyeri dan sesak pada dada terjadi karena otot jantung tidak mendapatkan suplai darah yang cukup. Untuk jenis dan beratnya rasa nyeri tentu berbeda-beda untuk setiap orangnya. Bahkan ada sebagian orang yg mengalami kekurangan supply darah tidak merasakan nyeri sama sekali.
Rasa nyeri pada bagian dada bisa terjadi berulang-ulang (sekitar 20 menit atau lebih.

2.Merasakan sesak napas
Keadaan ini terjadi akibat adanya cairan yang masuk kedalam rongga udara pada paru-paru. Gejala sesak napas secara umum biasa ditemukan pada penderita gagal jantung.

3.Tubuh mengalami kelelahan / kepenatan
Dengan tidak efektifnya jantung dalam memompa darah, menyebabkan aliran darah ke bagian otot ketika melakukan aktivitas akan berkurang. Keadaan ini akan membuat tubuh menjadi lemah dan lelah.

4.Jantung Berdebar-debar atau dalam istilah medisnya disebut Palpitasi

5.Sering Pusing dan pingsan
Kedua keadaan tersebut dipicu karena adanya penurunan intensitas aliran darah atau irama jantung abnormal. Hal lain adalah karena kemampuan memompa jantung yang buruk, hingga keadaan tersebut sering terjadi.

Demikian ulasan singkat mengenai ciri-ciri penyakit jantung untuk anda ketahui, semoga artikel kali ini dapat memberikan sedikit manfaat bagi anda semua.
 
Top